PRINSIP-PRINSIP BIOLOGI DAN ALUR BERPIKIR ILMIAH

Posted on

A. Prinsip – Prinsip Biologi

  1. UNIVERSALITAS : umum, semua organisme tersusun oleh bahan kimia dan sel. Dalam sel terjadi reaksi kimia
  2. KONTINUITAS     : keberlanjutan, sel maupun organisme melalukan proses reproduksi yang akan menjaga kelestariannya
  3. DIVERSITAS         : beranekaragam, dalam kehidupan terdapat keanekaragaman organisme yang sangat besar. Organisme dikelompokkan dalam takson.
  4. HOMEOSTASIS    : keadaan yang relatif konstan di dalam lingkungan internal tubuh, dipertahankan secara alami oleh mekanisme adaptasi fisiologis.
  5. EVOLUSI                : perubahan pada suatu populasi organisme yang sifat-sifatnya terwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  6. INTERAKSI             : berhubungan, organisme berinteraksi dengan lingkungan

B. Alur Berpikir Ilmiah

Alur berpikir yang tercakup dalam metode ilmiah dapat dijabarkan dalam beberapa langkah :

  1. Perumusan Masalah → merupakan pertanyaan mengenai objek empiris yang jelas batas-batasnya serta dapat diidentifikasikan faktor-faktor yang terkait di dalamnya.
  2. Penyusunan kerangka berpikir dalam pengajuan hipotesisi → merupakan argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin terdapat antara berbagai faktor yang saling mengkait dan membentuk kontelasi ilmiah.
  3. Perumusan hipotesis → merupakan jawaban sementara atau dugaan jawaban pertanyaan yang diajukan yang materinya merupakan kesimpulan dari kerangka berpikir yang dikembangkan.
  4. Pengujian hipotesis → merupakan pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hipotesisi yang diajukan untuk memperlihatkan apakah terdapat fakta-fakta yang mendukung hipotesis tersebut atau tidak.
  5. Penarikan kesimpulan → merupakan penilaian apakah sebuah hipotesis yang diajukan diterima atau ditolak