Sifat Kehidupan dan Hirarki organisasi | BIOLOGI

Posted on

A. Sifat Kehidupan

Ilustrasi dari beberapa sifat kehidupan

Penjelasan dari Gambar diatas :

(a) Susunan (order), dari gambar diatas, susunan struktur dari bunga matahari yang sangat kompleks. Gambaran struktur susunan kompleks bunga matahari tadi sama dengan susunan organisasi struktur sel hidup yang ada dalam tubuh kita dimana memiliki kompleksitas yang cukup rumit.

(b) Evolusi dan adaptasi (Evolutionary adaptation), bentuk adaptasi seperti pada serangga tonggeret daun (katydid) dimana memiliki penampilan unik menyerupai daun sebagai bentuk kamuflase dari serangan predator dan merupakan cara terbaik dalam meneruskan jenisnya agar tidak punah.

(c) Respon terhadap lingkungan (Response to the environment), hampir semua organisme yang hidup di bumi ini memiliki respon terhadap perubahan maupun gangguan dalam lingkungannya. Sebagai contoh yaitu tumbuhan pemakan serangga venus yang terlihat di gambar atas sedang menutup kelopaknya sebagai respon bahwa ada hewan lain yang sedang berdiri di kelopaknya.

(d) Pengaturan (regulation), mekanisme pengaturan dalam tubuh organisme membantu menjaga kondisi tubuh organisme tersebut untuk tetap hidup di habitat lingkungan yang ditempatinya. Sebagai contoh yaitu perilaku lemur yang lebih suka berjemur di pagi hari guna menaikan suhu tubuhnya agar tetap hangat di lingkungan yang dingin.

(e) Proses energi (energi processing), ketika seekor beruang memakan tangkapannya dalam hal ini seekor ikan, maka beruang tersebut akan memanfaatkan energi kimia yang tersimpan dalam tubuh ikan untuk memberikan tenaga dalam dirinya saat melakukan aktivitas maupun saat tubuh beruang melakukan proses reaksi-reaksi kimia lainnya.

(f) Tumbuh dan berkembang (growth and development), jika berbicara tentang biologi sudah tentu tidak akan lepas dari pertumbuhan serta perkembangan makhluk hidup. Semua makhluk hidup pasti akan tumbuh dan makhluk hidup juga akan berkembang. Informasi genetik yang terdapat dalam DNA akan mengontrol pola pertumbuhan & perkembangan organisme seperti di ilustrasikan dengan gambar buaya yang baru saja menetas.

(g) Reproduksi (reproduction), segala bentuk organisme hidup akan bereproduksi untuk melanjuktakan keturunannnya. Sebagai contoh digambarkan seekor pinguin yang selalu menjaga bayi pinguin karena merupakan penerus keturunannya dalam hal reproduksi ini.

B. Hirarki Organisasi Biologi

Molekul ⇒ sel ⇒ jaringan ⇒ organ ⇒ sistem organ ⇒ organisme atau individu ⇒ populasi ⇒ komunitas ⇒ ekosistem ⇒ bioma ⇒ biosfer  

Berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masing tingkatan organisasi tersebut.  

1. Molekul  

  • Setiap mahluk hidup tersusun oleh molekul organik sebagai dasar penyusunnya.  
  • Molekul organik (biomolekul) yang kompleks pada mahluk hidup contohnya asam nukleat (DNA dan RNA), protein, karbohidrat,lemak dan vitamin. Molekul organik berfungsi untuk mengontrol struktur dan fungsi tiap komponen-komponen sel.   

2. Sel  

  • Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil makhluk hidup.
  • Makhluk hidup dibedakam menjadi makhluk uniseluler dan multiseluer.  
  • Mahluk hidup bersel satu (uniseluler) seperti bakteri, protozoa, dan alga, sementara mahluk hidup bersel banyak (multiseluler) seperti tumbuhan dan hewan memiliki sel dengan berbagai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.  

3. Jaringan  

Adalah kumpulan berbagai macam sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Sekumpulan sel tersebut membentuk pola yang sama dengan fungsi yang sama. Jaringan berperan membentuk struktur dasar pada bagian tubuh mahluk hidup.  

4. Organ  

Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki fungsi tertentu. Keberadaan organ menjadikan mahluk hidup memiliki fungsi fisiologis terhadap kondisi lingkungannya.

5. Sistem organ  

Sistem organ terdiri dari berbagai organ yang saling tersusun membentuk sistem tertentu yang saling berinteraksi. Contoh sistem peredaran darah yang terdiri dari organ jantung dan pembuluh darah vena, arteri, dan kapiler.    

6. Organisme

Organisme atau individu adalah suatu satuan mahluk hidup yang tersusun secara kompleks dengan berbagai macam sistem tubuh yang saling mendukung.  

7. Populasi  

  • Populasi adalah kumpulan organisme sejenis di suatu tempat dan waktu yang sama.  
  • Contoh sekumpulan manusia di suatu desa/kota, sekumpulan rusa di padang rumput, dan kumpulan padi di sawah.  

8. Komunitas  

  • Komunitas adalah kumpulan populasi dari berbagai spesies di suatu waktu dan tempat yang sama.  
  • Contoh suatu sawah terdapat populasi padi, populasi belalang, populasi semut, populasi alga hijau, dan lainnya.  

9. Ekosistem  

  • Ekosistem adalah interkasi makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya (udara, air, tanah, sinar matahari).  
  • Ekosistem dapat pula diartikan sebagai hubungan timbal balik antara komponen biotik (mahluk hidup) dengan abiotik.  

10. Bioma

  • Bioma adalah kumpulan ekosistem terestrial yang melingkupi wilayah luas yang pada umumnya dipengaruhi oleh iklim regional sehingga terdapat tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya.  
  • Pengelompokan bioma didasarkan pada vegetasi yang mendominasi bioma tersebut. Contoh adalah gurun, padang rumput, tundra, taiga, hutan gugur, hutan hujan tropis.  

11. Biosfer  

Pada tingkatan ini, seluruh kehidupan di bumi membentuk satu kesatuan utuh yang interaksinya skala global.